cover
Contact Name
Sigit Apriyanto
Contact Email
info@jcopublishing.com
Phone
+6281215263928
Journal Mail Official
info@jcopublishing.com
Editorial Address
Jl. R. Fatah, No. 50, RT3/4, Sidamulya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Published by CV. Tripe Konsultan
Core Subject : Education, Social,
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal Insan Cendikia memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, dan hal yang bersentuhan dengan Sekolah Dasar.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): April" : 5 Documents clear
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perpindahan Energi Panas dan Listrik Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dengan Menggunakan Media Whatssapp dan Google Form Sebagai Mobile Learning Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Tambaksari 02 Rohaenah Rohaenah
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2022): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.294 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.55

Abstract

Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perpindahan Energi Panas dan Listrik Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dengan Menggunakan Media WhatssApp Dan Google Form sebagai mobile learning Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Tambaksari 02 Tahun Pelajaran 2020/2021”. Dengan subjek penelitian berjumlah 18 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi awal dengan nilai rata-rata 59,69. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memanfaatkan media WhatsApp yang dikombinasikan dengan Google Form sebagai Mobile Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (Google Form), dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata prestasi hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II yaitu pada kondisi awal mencapai 59,69, meningkat pada siklus I mencapai 76,56, dan meningkat lagi menjadi 86,25 pada siklus II. Siswa yang tuntas belajar dan Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian, pada kondisi awal siswa yang tuntans belajar ada 6 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 37,50 %, mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 12 siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,43% dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar bertambah menjadi 15 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 93,75%). Penerapan model pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memanfaatkan media WhatsApp yang dikombinasikan dengan Google Form sebagai Mobile Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berkarakter Melalui Bimbingan Berkelanjutan Pada Semester I di MI Negeri 6 Cilacap Solihatun Solihatun
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2022): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.988 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.56

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter melalui bimbingan berkelanjutan di MI Negeri 6 Cilacap. Subyek dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah 8 orang guru kelas di MI Negeri 6 Cilacap Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan yang tiap siklusnya dilaksanakan melalui Bimbingan Berkelanjutan. Teknik dan alat pengumpul data melalui tes dan non tes serta melalui observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 85 % dari guru memiliki kinerja untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter dan menunjukkan aktifitas positif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktifitas guru , dari 79,6 % pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II, demikian juga dengan kinerja guru pada siklus I mencapai 62,50 % meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Dengan demikian melalui kegiatan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berkarakter.
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Materi Bangsa Arab Pra Islam Melalui Metode Cooperative Script Pada Peserta Didik Kelas V Semester II MI Negeri 6 Cilacap Cipari Rosidin Rosidin
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2022): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.747 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.57

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar SKI melalui strategi pembelajaran berbasis cooperative script pada siswa kelas V MI Negeri 6 Cilacap. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI materi Bangsa Arab Pra Islam siswa kelas V MI Negeri 6 Cilacap Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi Bangsa Arab Pra Islam melalui metode Cooperative Script pada siswa kelas V MI Negeri 6 Cilacap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Negeri 6 Cilacap sebanyak 32 siswa. Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas V pada pra siklus 65,16, siklus I 69,84, siklus II 82,03, dan siklus III 93,12. Sedangkan untuk presentase kelulusan pada pra siklus 31,25%, siklus I 62,5%, siklus II 84,4%, dan di siklus III 96,8%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas V MI Negeri 6 Cilacap.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Sifat Bangun Ruang Melalui Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) Kelas IV Semester I MI Negeri 6 Cilacap Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap Siti Qomariyah
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2022): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.012 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.58

Abstract

Pelajaran matematika bagi sebagian siswa merupakan “momok” yang ditakuti, hal tersebut menjadikan pelajaran ini sulit dipahami bagi siswa, untuk itu perlu adanya kreatifitas dari guru dalam melaksanakan pembelaran demi tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Salah satu model pembelajaran matematika yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk lebih menarik bagi siswa adalah model pembelajaran Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT), untuk itulah penelitian ini diadakan guna mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar dan partisipasi siswa di kelas IV MI Negeri 6 Cilacap pada pembelajaran matematika?, adapun penelitian dirancang melalui beberapa tahap yang meliputi Perencanaan Tindakan ( Planning ), Implementasi Tindakan (Acting), Observasi (Observing), Refleksi (Reflecting), kemudian dari tahap tersebut akan diperoleh data baik yang bersumber dari data tertulis maupun dari peristiwa dilapangan, selanjutnya data dianalisis dengan metode reduksi dan pemaparan untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah diadakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Type TGT (Team Games Tournament) pada Pembelajaran Sifat-Sifat Bangun Ruang Matematika pada kelas IV MI Negeri 6 Cilacap dapat meningkatkan kualitas hasil / prestasi belajar serta dapat meningkatkan partisipasi yang ditunjukkan dengan keaktifan dan kesungguhan siswa pada proses pembelajaran.
Pembelajaran Lari Sprint Menggunakan Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif 01 Rejamulya Kedungreja Kabupaten Cilacap Endang Supeno Supriatno
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2022): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.736 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.59

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas III MI Ma’arif 01 Rejamulya Kedungreja kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif 01 Rejamulya Kedungreja kabupaten Cilacap tahun Pelajaran 2018/2019 melalui pembelajaran lari sprint menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif 01 Rejamulya Kedungreja Kabupaten Cilacap, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil belajar, serta angket respon/tanggapan siswa. Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus I hasil prosentase sebesar 72,00% dan siklus II hasil prosentase sebesar 92,00%, ini ada peningkatan sebesar 20,00%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa melalui hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yaitu siklus I mencapai 72,72 % dan siklus II mencapai 90,91%, ini ada peningkatan sebesar 18,19%. Dan hasil analisis angket respon siswa mendapat respon yang positif dari siswa. Ini terlihat dari rata-rata siswa 80,91% jawaban siswa sangat setuju/sangat menarik/sangat senang mengikuti pembelajaran. Ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai model pembelajaran yang disajikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran lari sprint menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5